Ketahui Ciri Ciri KPR Disetujui dan Ditolak oleh Bank

Bagaimana ciri ciri KPR disetujui dan ditolak oleh pihak bank? Mungkin Anda pernah mengajukan KPR tapi prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama karena tidak ada kabar dari pihak bank atau developer, kemudian berpikir pengajuannya ditolak. Memang jam kerja bank sangat sibuk karena banyak aktivitas nasabah yang juga mengajukan KPR seperti Anda, giliran pengecekan pengajuan Anda mungkin di minggu depan atau bulan depan. Namun, jika merasa sudah memenuhi syarat dan ketentuan, Anda bisa tinggal menunggu giliran dihubungi. 

Sebenarnya, ada sejumlah syarat dan ketentuan dari bank kepada pemohon KPR. Juga, prosedur yang harus dilakukan dengan berurut dan benar. Namun, kerap kali pemohon ditolak karena masalah persyaratan yang tidak memenuhi yang umumnya karena adanya latar belakang keuangan dan riwayat kredit. 

Secara detail, mungkin Anda tak tahu ciri ciri KPR disetujui atau ditolak, namun bisa menganalisa dokumen sendiri apa yang kurang atau tidak sesuai dengan persyaratan. Agar tidak menunggu lama kabar dari bank, mari kenali berikut ciri ciri KPR disetujui dan ditolak.

Baca juga: 4 Ciri Ciri KPR Disetujui dan Cara Jitu Agar Bisa Disetujui

ciri ciri KPR disetujui bank

Riwayat BI Checking

BI checking merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat pinjaman atau kredit nasabah kepada bank. Jika sebelumnya Anda memiliki kredit dan pembayarannya tidak lancar, bahkan nunggak, secara otomatis BI checking buruk dan bisa menjadi pertimbangan bank untuk menyetujui atau menolak. Perlu diketahui kini BI checking diganti dengan SLIK yang dikelola oleh OJK.

DSR Tidak Men-Cover Angsuran

DSR atau Debt Service Ratio adalah nilai yang menunjukkan porsi maksimal angsuran dari pendapatan bulanan. Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri untuk nilai DSR, umumnya kisaran 30% - 50%. Bisa dikatakan DSR sebagai perbandingan angsuran tiap bulan dengan total pendapatan per bulan. Sebagai contoh, gaji 10 juta, jika bank memberi nilai DSR 40% maka maksimal angsuran yang bisa terpakai 4 juta. Nah, jika angsurannya lebih dari angka tersebut, tentu menjadi salah satu alasan KPR ditolak.

Disarankan, angsuran 30% dari gaji. Jadi, jika gaji 10 juta maka angsurannya 3 juta. Jika belum sampai, bisa menggabungkan gaji suami dan istri. Hal ini kerap dilupakan oleh pemohon, padahal ini merupakan salah satu ciri ciri KPR disetujui.

Rumah Tidak Memenuhi Syarat KPR

Syarat rumah bisa KPR, yakni bisa dilalui mobil, sudah ada sertifikat SHM, IMB, PBB, serta rumah jauh dari rawan bencana dan saluran tenaga listrik. Jadi, sudah jelas ciri ciri KPR disetujui atau tidak jika lokasinya tidak memenuhi syarat tersebut. Syarat ini perlu dipenuhi karena jika pilihan rumah posisinya tidak strategis maka nilai jual tidak berkembang cepat.

Dokumen Tidak Lengkap

Memenuhi dokumen persyaratan bisa menjadi ciri ciri KPR disetujui meski memang ini bersifat administratif, seperti dokumen identitas pribadi dan penghasilan. Namun, jika dokumen tidak bisa dibuktikan dengan jelas bisa menjadi masalah. Jadi, usahakan melampirkannya, terlebih yang statusnya bukan pendapatan tetap.

Baca juga: Ini Dia Ciri Ciri KPR Disetujui oleh Pihak Bank

Apakah setelah membaca informasi di atas menjadi lebih paham? Jika bertanya ciri ciri KPR disetujui atau tidak, kini bisa menganalisa sendiri dengan poin-poin dan keadaan keuangan. Jika memang jauh dari kata tersebut, berarti wajar bila KPR ditolak. Disarankan, mencari KPR subsidi yang sesuai kondisi finansial Anda.

Bagi yang berencana membeli rumah KPR, namun belum menemukan hunian yang tepat sesuai persyaratan, Anda bisa memilih salah satu unit yang dibangun oleh developer Premier Qualitas Indonesia. Developer terpercaya ini bekerja dengan beberapa bank partner untuk pembayaran KPR, yakni ada Bank OCBC NISP, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Mandiri, dan Bank Danamon.

Kini ada dua proyek perumahan dari developer tersebut yang menjadi unggulan, ada Pavilia at Premier Estate 2 di daerah Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Harga rumah yang dijual di perumahan tersebut berkisar 1,8 miliar - 4 miliar rupiah. Dengan kisaran tersebut Anda akan mendapatkan banyak pilihan tipe rumah 2 lantai dengan dikelilingi fasilitas lengkap dan lingkungan asri yang bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan tempat tinggal.

Ada kabar bagus, di bulan November ini Premier Qualitas Indonesia berikan banyak promo untuk pembelian unit di dua perumahan tersebut. Khusus pembelian tipe Fresnay Standard atau Fresnay Special di Pavilia at Premier Estate 2 bisa mendapatkan gratis AC 1 unit/peningkatan HAK, gratis kanopi, gratis kitchen set dari IKEA, dan free AJB, BBN, serta BPHTB dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Sementara, untuk pembelian tipe unit apa pun di Premier Estate 3 Extension bisa melakukan serah terima di tahun 2022, bonus kanopi, dan bebas pembayaran AJB, BBN, serta BPHTB dengan adanya syarat ketentuan berlaku.

Ada tambahan promo bagi yang memilih KPR Bank CIMB Niaga, bisa mendapatkan DP 0% untuk pembelian unit apa pun di dua perumahan tersebut. Menarik, kan? Jangan sampai kehabisan unitnya, langsung chat Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk melakukan reservasi.

Previous
Previous

10 Cara Membeli Rumah dengan Sistem KPR, Agar Tak Salah Langkah!

Next
Next

Banyak Untung, Bisnis Properti adalah Usaha Incaran Para Pengusaha