10 Cara Membeli Rumah dengan Sistem KPR, Agar Tak Salah Langkah!

Proses mencari rumah bagi yang baru pertama kali membeli alias first time buyer bisa memakan waktu lama. Saat ini, harga rumah memang tinggi sehingga mencari rumah pertama yang sesuai budget bukanlah hal mudah. 

Para first time buyer kerap kali mengurungkan niat mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah karena banyak rumor sulitnya proses yang perlu dilalui. Padahal, membeli rumah pertama bukan hal mustahil untuk diwujudkan, terlebih jika tahu cara membeli rumah. Jadi, sebelum membeli rumah, sebaiknya memahami seluk-beluk sistem KPR agar bisa menyiapkan semua keperluan untuk mengajukannya secara matang. Pada artikel ini akan membahas sejumlah cara membeli rumah dengan sistem KPR yang bisa dicoba agar tidak salah langkah.

Baca juga: 5 Cara Membeli Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

cara membeli rumah sistem kpr

Bersihkan Rekam Jejak Kredit

Cara membeli rumah pertama kali dengan sistem KPR yang harus diperhatikan adalah menjaga pola pembayaran semua tagihan, minimal dua tahun sebelum mengajukan. Sebab, rekam jejak kredit akan ditelusuri oleh bank ketika Anda mengajukan KPR.

Jaga Alur Rekening

Jangan terlalu sering memindahkan uang antar rekening karena bank akan mempertanyakan hal ini. Walaupun bukan masalah besar, namun bisa menjadi bahan pertimbangan di akhir pengajuan. Jika beberapa tahun ke depan Anda membeli rumah dengan KPR, ada baiknya menjaga alur rekening dari sekarang.

Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Bank Indonesia atau BI saat ini sudah memberi kewenangan kepada bank dalam menentukan besar uang muka alias down payment atau DP. Jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya memaksimalkan DP karena nantinya bisa memperkecil jumlah angsuran setiap bulan sehingga akan lebih meringankan ke depannya.

Perhatikan Rekam Jejak Karir

Cara membeli rumah KPR juga perlu memperhatikan konsistensi rekam jejak karir karena mempengaruhi penilaian saat mengajukan. Untuk memperbesar peluang diterima, setidaknya Anda sudah bekerja selama dua tahun di satu perusahaan. Sering berpindah kerja yang tidak menentu bisa memperkecil peluang diterima.

Kenali Kondisi Keuangan

Sebelum benar-benar mengajukan KPR, diusahakan kondisi keuangan dengan bank yang dipilih. Hitung besaran DP dan cicilan per bulan yang perlu dibayar. Jangan lupakan panjang tenor atau jangka waktu pelunasan kredit karena mempengaruhi jumlah angsurannya.

Sisihkan Sebagian Biaya untuk Membeli Isi Rumah

Sering disepelekan, namun cara membeli rumah satu ini perlu diperhatikan. Anda tak mungkin menjalani hidup sehari-hari di rumah yang kosong, kan? Prioritaskan membeli isi rumah yang sangat dibutuhkan, akan lebih baik membuat daftar kebutuhan.

Survei Lingkungan Rumah

Jika sudah menemukan rumah yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah survei. Anda perlu turun langsung ke lapangan untuk mengamati lingkungan sekitar rumah. Perhatikan kondisi tempat tinggal dan tetangga agar mudah beradaptasi ke depannya.

Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Cara membeli rumah dengan sistem KPR perlu dilakukan bijaksana dengan memilih hunian sesuai kebutuhan. Ingatlah, rumah besar bukan berarti lebih bagus dan jangan terpaku dengan kategori rumah mewah, rumah menengah, serta rumah sederhana.

Baca Kontrak dengan Cermat

Ketika membeli rumah, Anda perlu cermat dalam membaca kontrak yang berupa surat atau dokumen penting dari bank atau developer. Jika ada istilah atau kalimat yang tidak mengerti, tanyakan sampai mengerti jelas.

Hindari Membeli Rumah karena Faktor Emosional

Ingatlah, hindari membeli rumah. Meski sepele, tapi tidak kalah penting dari poin lainnya. Selalu ingat tujuan awal membeli dan usahakan jangan terpikat oleh hal-hal emosional.

Baca juga: Jangan Sembarangan Beli, Begini Cara Membeli Rumah yang Aman

Itulah sejumlah cara membeli rumah dengan sistem KPR yang bisa dicoba untuk para first time buyer. Jika Anda sedang mencari rumah modern tropis dengan sistem KPR di daerah Bekasi atau Cibubur, banyak pilihan tersedia di perumahan naungan Premier Qualitas Indonesia.

Developer ternama yang memiliki reputasi bagus ini telah berdiri sejak tahun 1998, serta menjamin menjual rumah yang sudah mendapatkan legalitas resmi karena sudah memiliki IMB dan SHM. Sekarang developer tersebut memiliki dua perumahan unggulan, yaitu ada Pavilia at Premier Estate 2 yang lokasinya di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension yang ada di Kranggan, Cibubur, yang keduanya berada di lokasi strategis.

Jika ingin mengajukan KPR, developer ini telah bekerja sama dengan sejumlah bank partner, di antaranya ada Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank OCBC NISP. Khusus di bulan November ini, jika membeli rumah dengan sistem KPR Bank CIMB Niaga akan mendapatkan bonus DP 0%.

Tak sampai di situ, ada juga promo untuk setiap pembelian unit di setiap perumahannya. Untuk pembelian tipe Fresnay Special atau Fresnay Standard di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan gratis kanopi, gratis kitchen set dari IKEA, gratis AC 1 unit/peningkatan HAK, serta free BBN, BPHTB, dan AJB dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Karena kini hanya tersisa dua unit, jangan sampai kehabisan dan langsung lakukan reservasi

Sementara, pembelian tipe unit apa pun di Premier Estate 3 Extension bisa melakukan serah terima kunci di tahun 2022, bebas pembayaran AJB, BPHTB, dan BBN, serta gratis kanopi dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Menarik, kan? 

Dapatkan segera rumah KPR dengan banyak promo hanya di Premier Qualitas Indonesia! Klik di sini atau klik ikon WhatsApp di pojok kanan bawah untuk terhubung dengan Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

Begini Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian Secara Mudah

Next
Next

Ketahui Ciri Ciri KPR Disetujui dan Ditolak oleh Bank