Kenali Berbagai Jenis Suku Bunga pada Cicilan Rumah KPR

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah menjadi solusi bagi yang ingin memiliki rumah secara cepat. Namun, sebelum mulai mengajukan, penting bagi Anda untuk tahu jenis suku bunga pada cicilan rumah KPR karena suku bunga berpengaruh pada perhitungan cicilan. Mengingat jangka waktu bayar cicilan rumah akan cukup lama bisa sampai 20 tahun, suku bunga tentunya bisa terus naik setiap tahun. Untuk memudahkan dalam menghitung cicilan rumah, mari kenal dulu macam-macam suku bunga.

suku bunga pada cicilan rumah

Suku Bunga Fixed

Suku bunga fixed merupakan jenis yang memiliki kepastian cicilan rumah yang jelas. Dalam hal ini, KPR fixed menjamin kepastian pembayaran per bulan sampai akhir masa kredit. Bila ingin melunasi cicilan di tengah masa pinjaman tidak akan kena biaya penalti dan biaya provisi. Jenis suku bunga ini menguntungkan bila kondisi ekonomi negara sedang tidak stabil karena ketika suku bunga pasar naik, cicilan tidak berubah. Jika memiliki jenis suku bunga ini, gunakan perhitungan berikut: pokok kredit x bunga per tahun x tenor dalam satuan tahun : tenor dalam satuan bulan.

Suku Bunga Floating

Jenis suku bunga ini cocok untuk yang berani mengambil risiko. Keuntungan suku bunga floating adalah nilai nilai yang fluktuatif sehingga bisa menguntungkan jika ada penurunan suku bunga pasar. Dengan kata lain jenis ini menguntungkan ketika kondisi ekonomi sedang baik karena kemungkinan suku bunga bergerak turun. Ingat, cara menghitung cicilan rumah dengan sistem floating menyesuaikan dengan suku bunga saat itu.

Suku Bunga Capped

Beberapa bank ada juga yang menawarkan jenis capped atau terbatas. Dalam hal ini, suku bunga dibiarkan mengambang sesuai perkembangan pasar, namun tetap dibatasi bank. Sebagai contoh, saat ini suku bunga 7,25% dan bank menawarkan suku bunga capped 10,5%. Jadi, saat suku bunga naik sampai 11% maka bank akan menerapkan bunga maksimal 10,5% saja pada cicilan rumah.

Suku Bunga Gabungan

Jenis suku bunga ini menggabungkan perhitungan floating dan fixed. Sebagai contoh, Anda mengajukan cicilan rumah selama 15 tahun dan bank menawarkan skema fixed 5% di tiga tahun pertama, capped 10,5% dua tahun setelahnya, dan sisanya floating. Ini tandanya tiga tahun pertama cicilan Anda mesmi suku bunga pasar naik atau turun di bawah 5% maka bunga cicilan tetap 5%. Kemudian, tahun keempat dan kelima bunga cicilan mengikuti pasar, tapi tidak lebih dari 10,5%. Lalu, di tahun keenam dan seterusnya bunga cicilan benar-benar tergantung situasi pasar.

Baca juga: 5 Tips Membayar Cicilan Rumah yang Efektif dan Bisa Cepat Lunas

Demikianlah berbagai jenis suku bunga yang digunakan pada cicilan rumah yang perlu diketahui bagi Anda yang berniat mengambil KPR agar tidak bingung saat membahas suku bunga bersama pihak bank. Bila tertarik mencicil rumah di daerah Cibubur atau Bekasi, namun belum menemukan hunian yang tepat di hati, disarankan melirik koleksi rumah yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia.

Developer terkemuka ini sekarang memiliki dua perumahan unggulan yang pilihan unitnya bisa dicicil melalui berbagai pilihan bank partner. Pilihan perumahan unggulannya ada Pavilia at Premier Estate 2 yang lokasinya di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan ini berlokasi strategis, menyediakan fasilitas pendukung lengkap, ruang terbuka hijau, serta beragam pilihan tipe unit 2 lantai dengan kisaran harga dari 1,8 miliar rupiah.

Baca juga: Berapa Perkiraan Cicilan Rumah Harga 1 M? Cek Jawaban dan Informasi Lengkapnya di Sini

Developer perumahan ini bekerja sama dengan beberapa bank partner untuk program KPR, di antaranya ada Bank CIMB Niaga, Bank Niaga, Bank mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, Bank MyBank, dan Bank OCBC NISP. Khusus di bulan November 2022 ini, bagi yang memilih pembayaran KPR CIMB Niaga untuk pembelian rumah di salah satu perumahan tersebut mendapatkan DP 0%.

Tidak sampai di situ, ada pula promo untuk setiap perumahan. Pembelian tipe Fresnay Standard atau Fresnay Special di Pavilia at Premier Estate 2 bisa mendapatkan bonus kanopi, bonus AC 1 unit atau peningkatan HAK, bonus kitchen set dari IKEA, serta free AJB, BBN, dan BPHTB dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Namun, sekarang tersisa dua unit saja sehingga Anda perlu reservasi sekarang biar tidak kehabisan! Nah, untuk pembelian rumah di Premier Estate 3 Extension unit apa saja bisa melakukan serah terima kunci di tahun 2022, free BBN, BPHTB, dan AJB, serta gratis kanopi dengan syarat ketentuan berlaku. 

Untuk menanyakan seputar cicilan rumah dari developer ini atau ingin menanyakan seputar promo, Anda bisa langsung chat Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia. Caranya, bisa klik ikon WhatsApp di bawah ini atau bisa klik di sini.

Previous
Previous

Desain Interior Rumah Tipe Gavril di Premier Estate 3 Extension, Memukau dan Bikin Nyaman!

Next
Next

Mengenal Simulasi KPR CIMB Niaga dan Cara Pengajuannya