Rincian Perhitungan Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Tidak bisa dipungkiri, menghitung biaya membangun rumah 2 lantai bisa membuat Anda kepusingan sendiri karena proses perhitungannya yang susah-susah gampang. Sering terjadi di masyarakat, terkadang biaya membangun rumah 2 lantai menjadi over budget sehingga tak sedikit yang akhirnya memilih menghentikan pembangunan sementara, bahkan sampai permanen karena biayanya sudah tidak ada lagi. 

Jangan sampai rencana membangun rumah Anda menjadi mangkrak karena tidak bisa menghitung biaya membangun rumah 2 lantai secara detail dan tepat. Untuk yang kebingungan bagaimana cara menghitung biaya membangun rumah 2 lantai, artikel ini membahas segala rincian dan cara menghitungnya agar rumah idaman Anda terwujud!

Baca juga: Berapa Biaya Membangun Rumah 2 Lantai? Ini Informasi yang Perlu Diketahui

detail biaya membangun rumah 2 lantai

Tetapkan Luas Bangunan

Dari awal merencanakan membangun rumah 2 lantai, Anda perlu menetapkan hati soal luas bangunannya. Tentukan membangun rumah dengan luas berapa di lantai bawah dan atas. Jika sudah menetapkan ukuran, jangan tergoda dengan saran orang lain yang bisa mengubah bentuk atau luas rumah yang dibangun. Sebab, sedikit perubahan luas bangunan bisa sangat mempengaruhi total keseluruhan biaya membangun rumah 2 lantai.

Buat Rincian Material

Jika sudah menetapkan luas bangunannya, Anda akan lebih gampang menghitung apa saja kebutuhan untuk membangun rumah tersebut. Anda bisa memperkirakan bahan bangunan yang dibutuhkan, seperti jumlah batu bata dan sak semen, jenis ubin, dan lainnya. Rincian bahan yang detail akan mempermudah Anda menghitung harga per kebutuhan bahan untuk biaya membangun rumah 2 lantai.

Periksa Harga Tiap Material

Sekarang saatnya mengecek harga per satuan bahan bangunan yang sudah Anda buat rincian sebelumnya. Carilah toko bangunan yang menawarkan harga sesuai keinginan Anda. Dengan mengecek satu per satu harga bahan akan membuat Anda lebih detail dalam menghitung biaya membangun rumah 2 lantai dan tidak akan melebihi budget.

Perkirakan Harga Per Meter Persegi

Buatlah biaya membangun rumah 2 lantai dengan memperkirakan harga per meter persegi. Untuk wilayah sekitaran area Jakarta, kisaran biayanya per meter persegi mencapai 3 juta - 5 jutaan rupiah, namun ini hanya untuk bahan konstruksinya. Jadi, bila ingin membangun rumah 2 lantai dengan total 150 m2, biaya konstruksi bangunan yang perlu disiapkan berada di kisaran 450 juta - 750 jutaan rupiah.

Gunakan Jasa Tukang Borongan

Jangan sampai lupa anggaran tukang bangunan dalam menghitung biaya membangun rumah 2 lantai. Jangan sepelekan hal ini karena tak jarang biaya tukang bangunan bisa melebihi biaya konstruksinya sendiri jika tidak teliti. Jika ingin biayanya lebih mudah terhitung, gunakan jasa tukang borongan yang kisaran harganya 600 ribu - 800 ribuan rupiah. Dengan menggunakan jasa tukang borongan akan memudahkan dalam mengatur kesepakatan berapa lama rumah perlu selesai dan berapa banyak biaya membangun rumah 2 lantai yang disiapkan untuk jasa tukang.

Lebihkan Budget di Awal

Meski sudah menghitung anggaran, Anda tetap perlu menyiapkan dana lebih ketika membuat perhitungan biaya membangun rumah 2 lantai. Tujuannya, mengantisipasi kebutuhan yang tidak diinginkan. Lebihkan sekitar 15% - 30% dari total biaya agar Anda merasa lebih aman.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Estimasi Biaya Membangun Rumah 2 Lantai Mulai dari 0

Setelah membaca poin di atas, sekarang sudah paham menghitung biaya membangun rumah 2 lantai, kan? Jika masih ragu, bisa menggunakan jasa konstruksi agar biaya tidak melebihi budget. Selamat membangun rumah impian!

Nah, kalau Anda tidak mau repot membangun rumah, sebaiknya langsung membeli rumah baru yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia. Developer terpercaya sejak tahun 1998 ini telah membangun lebih dari 25 proyek eksklusif yang sekarang terdapat salah satu perumahan unggulannya yang berlokasi strategis di Kranggan, Cibubur, yakni Premier Estate 3 Extension.

Perumahan eksklusif ini menyediakan beragam pilihan tipe rumah 2 lantai yang dibangun dengan luas tanah dan luas bangunan yang berbeda. Rumah yang dibangun berkonsep modern tropis, yang mana tampilannya kekinian dan memberikan rasa nyaman bagi penghuninya dalam berbagai kondisi cuaca. Kisaran harga rumahnya berkisar 1,8 miliar - 3,8 miliaran rupiah yang bisa dibayar tunai atau KPR.

Tak hanya rumah 2 lantai, Premier Estate 3 Extension menyediakan fasilitas lengkap di dalam kawasannya, ditambah ruang terbuka hijau yang asri sehingga perumahan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin membeli rumah di tengah perkotaan. Terlebih, Premier Qualitas Indonesia adalah salah satu developer di Indonesia yang mampu melakukan serah terima kunci yang relatif singkat berkisar 8 bulan sampai 12 bulan dari waktu reservasi sehingga Anda bisa cepat menempati rumah impian.

Menariknya, khusus di bulan November ini untuk pembelian tipe unit apa pun di perumahan eksklusif tersebut akan mendapatkan banyak promo. Mulai dari serah terima bisa dilakukan di tahun 2022, bonus kanopi, hingga bebas pembayaran BBN, AJB, dan BPHTB. Ada pula tambahan bonus DP 0% bagi pembayaran KPR dari Bank CIMB Niaga. Promonya banyak banget, kan? 

Jika setelah menghitung biaya membangun rumah 2 lantai ternyata lebih mahal dibanding membeli rumah siap huni di Premier Estate 3 Extension, langsung saja lakukan reservasi dengan chat Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau klik ikon WhatsApp di pojok kanan bawah.

Previous
Previous

Banyak Untung, Bisnis Properti adalah Usaha Incaran Para Pengusaha

Next
Next

Jangan Kaget, Ini List Biaya Jual Beli Rumah yang Perlu Ditanggung