5 Instrumen Investasi Jangka Panjang yang Bisa Dicoba

Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif yang bisa digunakan untuk berbagai hal di masa mendatang, salah satunya sebagai dana pensiun agar di masa tua bisa lebih nyaman. Jika mempelajari cara berinvestasi, Anda mungkin pernah mendengar investasi jangka panjang dan pendek. Bila sedang mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang, investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk mengenal investasi jangka panjang lebih dalam, pada artikel ini akan membahas pengertian dan instrumen-instrumennya yang bisa dicoba.

investasi jangka panjang saham

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang ditujukan untuk bisa menghasilkan dalam jangka waktu yang panjang. Berbeda dengan jangka pendek yang bisa dicairkan dalam hitungan bulan, investasi jangka panjang biasanya baru bisa dinikmati hasilnya berkisar 5 tahun ke atas. Dengan berinvestasi dalam jangka panjang maka nantinya bisa memenuhi kebutuhan di waktu mendatang.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Selain memenuhi kebutuhan keuangan di masa mendatang, ada beberapa tujuan lain dari berinvestasi jangka panjang sebagai berikut:

  1. Memperoleh penghasilan pasif lebih besar dalam jangka waktu lebih lama.

  2. Memenuhi berbagai tujuan keuangan yang butuh biaya besar, seperti untuk membeli rumah, membiayai pernikahan, membiayai pendidikan anak, dan membiayai kehidupan saat pensiun.

  3. Mengarahkan sebuah dana untuk disimpan selama jangka waktu panjang sehingga tidak terpakai sebelum waktunya.

  4. Melindungi sejumlah nilai uang agar tidak mengalami penurunan signifikan akibat inflasi atau perubahan kondisi ekonomi lainnya.

Instrumen Investasi Jangka Panjang

Berikut ini terdapat beberapa instrumen investasi jangka panjang yang paling populer dan tidak ada salahnya Anda coba.

  • Investasi Emas

Perlu diketahui, harga emas kian naik kian tahun. Peningkatan harga emas yang konsisten membuatnya kerap dipilih menjadi investasi jangka panjang. Emas pun menjadi pilihan tepat bagi pemula karena Anda hanya perlu memantau harga emas saat mulai turun dan menyimpan dalam waktu kisaran 5 tahun - 10 tahun.

  • Investasi Saham

Saham adalah instrumen investasi berupa surat bukti kepemilikan modal atas perusahaan atau aset tertentu. Banyak perusahaan besar yang menjual sahamnya kepada masyarakat agar mereka bisa mendapatkan suntikan modal untuk mengembangkan bisnis. Anda sebagai pihak investor akan mendapatkan keuntungan jika membeli saham mereka, yakni profit tinggi. Namun, saham memiliki risiko tinggi karena keuntungan yang diperoleh pun tinggi.

  • Investasi Reksadana

Instrumen investasi ini melibatkan pihak ketiga untuk mengelola dana yang dimasukan sebagai investasi. Dikarenakan Anda tak perlu mengelola reksadana sendiri, nilainya pun cenderung stabil dibandingkan saham. Dana investasi akan dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke dalam pasar saham sehingga mengelola dananya lebih mudah karena ada yang membantu.

  • Investasi Properti

Tanah, rumah, ruko, dan apartemen adalah aset properti yang bisa menjadi investasi jangka panjang. Setiap tahunnya harga properti kian meningkat dan Anda bisa melihat peningkatan yang signifikan 10 tahun terakhir sehingga keuntungannya terbilang cukup tinggi. Jika membeli properti tahun ini maka bisa saja harganya meningkat di 10 tahun mendatang. Hanya saja untuk mulai berinvestasi properti Anda membutuhkan modal besar.

Baca juga: Pilih Tanah atau Rumah untuk Investasi Jangka Panjang? Ini Pertimbangannya

  • Investasi Deposito

Deposito adalah instrumen investasi yang mengharuskan Anda memasukkan sejumlah dana ke dalam perbankan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Salah satu jenis deposito yang paling populer adalah deposito berjangka. Sebab, keuntungannya lebih besar dibanding tabungan biasa karena suku bunga lebih tinggi.

Setelah mengetahui instrumennya, manakah yang ingin Anda pilih untuk dijadikan investasi jangka panjang? Jika memiliki budget lebih dan menginginkan yang potensi peningkatannya terjamin signifikan, investasi properti bisa menjadi pilihan. Rumah bisa menjadi pilihan aset investasi jangka panjang Anda, terlebih saat ini sudah banyak developer yang menjual rumah sudah siap huni dengan serah terima kunci yang cepat sehingga Anda bisa menggunakan rumah tersebut segera.

Baca juga: Rumah adalah Investasi Jangka Panjang, Ini Keuntungan dan Cara Memulainya

Untuk yang mencari rumah siap huni di daerah Bekasi atau Cibubur baik untuk dihuni maupun diinvestasikan, artikel ini merekomendasikan membeli dari developer terpercaya Premier Qualitas Indonesia. Developer yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini berpengalaman membangun lebih dari 5.000 unit di kawasan strategis Jabodetabek.

Kini, terdapat dua perumahan unggulan dari Premier Qualitas Indonesia, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di daerah Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur yang keduanya berada di wilayah dengan aksesibilitas tinggi ke berbagai fasilitas umum, bahkan dekat ke Jakarta. Keduanya pun dilengkapi fasilitas pendukung yang lengkap di dalam kawasannya sehingga memudahkan gaya hidup penghuninya. Di dalam kawasannya terdapat ruang terbuka hijau yang asri dan terawat sehingga bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang asri di tengah perkotaan.

Menariknya, developer ini merupakan salah satu developer di Indonesia yang mampu melakukan serah terima yang relatif singkat berkisar 8 bulan hingga 12 bulan terhitung dari waktu reservasi. Soal metode pembayarannya, bisa dilakukan tunai atau KPR dan Premier Qualitas Indonesia pun bekerja sama dengan sejumlah bank partner sehingga memudahkan Anda dalam memilih bank. 

Hal menarik lainnya, jika berencana memilih KPR dari Bank CIMB Niaga, nantinya bisa mendapatkan promo DP 0%. Selain itu, ada juga promo untuk setiap pembelian unitnya di bulan November ini.

Pembelian tipe unit apa pun di Premier Estate 3 Extension akan mendapatkan gratis kanopi, serah terima bisa dilakukan di tahun 2022, serta free BBN, BPHTB, dan AJB dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Sementara, khusus pembelian tipe Fresnay Standard atau Fresnay Special di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan kitchen set gratis dari IKEA, gratis AC 1 unit atau peningkatan HAK, gratis kanopi, serta free AJB, BBN, dan BPHTB dengan adanya syarat ketentuan berlaku. Dikarenakan sekarang hanya tersisa dua unit, pastikan tidak kehabisan ya! Langsung reservasi sekarang dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp di bawah ini.

Previous
Previous

Jangan Kaget, Ini List Biaya Jual Beli Rumah yang Perlu Ditanggung

Next
Next

Bisa Dicontek, 6 Gambaran Rumah Impian yang Modern Masa Kini!